Sepotong Inspirasi dari Tegalasri

Sepotong Inspirasi dari Tegalasri
August 22, 2016 5 Comments Cerita Inspirasi Kelas Inspirasi Blitar

SDN Tegalasri 02- Hari itu adalah hari yang cerah. Matahari bersinar terang, seterang jiwa yang terpancar dari mata kami. Hari Senin 29 September 2014 adalah hari yang dinanti, ya apalagi jika bukan hari kami berbagi hati dengan siswa-siswi penerus bangsa, Hari Inspirasi.

Semua keperluan telah disiapkan, pembagian tugas telah dilaksanakan dan sekolah pun telah dikondisikan. Maka Senin itu adalah hari eksekusi. Eksekusi rentetan rencana yang telah kami susun dan juga eksekuasi mimpi kami. Mimpi untuk membangkitkan mimpi yang lain. Mimpi anak Indonesia.

Dimulai dengan upacara bendera bersama. Bergetar hati ini kala lagu kebangsaan dilantunkan dan Sang Saka dinaikkan ke tempat tertingginya. Pada akhir upacara kami memperkenalkan diri disambut dengan wajah antusias anak-anak. Tak kalah juga senyum hangat para pengajar yang dengan sigap turut serta membantu pelaksanaan acara ini.

Ada 6 kelas di sekolah ini. Pada Hari Inspirasi mereka digabung menjadi 4 kelas saja agar lebih efektif. Masing-masing kelas didampingi oleh satu fasilitator yang membersamai anak-anak hari itu. Fasilitator membantu pengajar menyampaikan materi, menjaga keceriaan siswa dengan permainan dan mengatur siswa untuk mengikuti alur kegiatan. Empat orang fasilitator tersebut adalah Syahril, Tiara, Fahmi dan Riestya.

Saat kelas dibuka, anak-anak diajak berdo’a terlebih dulu. Setelah itu semangat belajar dipantik dengan permaian sederhana sebelum memasuki materi. Kelas A diisi oleh Kak Maria seorang tenaga ahli gizi. Kak Maria mengajak anak-anak belajar tentang makanan bergizi dengan media kartu besar bergambar dan potongan macama-macam gambar makanan sehat. Anak-anak begitu antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.

Kelas B diidi oleh Kak Rika yang berprofesi sebagai Dosen. Kak Rika mengenalkan perbedaan guru dan dosen serta kegiatan apa saja yang dilakukan dosen. Kak Rika juga nmengajarkan anak-anak memakai dasi. Mereka terlihat antusias karena ini merupakan hal baru bagi mereka.

Kelas C diisi oleh Kak Thiar seorang teknisi pesawat terbang. Kak thiar mengajak adik-adik menyaksikan video dan gambar pesawat untuk memberi gambaran nyata tentang penerbangan. Selain itu, kak Thiar juga mengenalkan bagian-bagian pesawat dan cara kerja pesawat secara ringkas. Tak lupa pula Kak Thiar menjelaskan bagaimana caranya menjadi penerbang (belajar yang rajin, menjaga kesehatan).

Kelas D diisi oleh Kak Icun yang berprofesi sebagai fiskus. Pada awalnya tentu anak-anak tidak mengerti apa itu fiskus. Bahkan baru pertama kali ini mereka mendengar kata fiskus. Namun akhirnya mereka mengerti setelah Kak Icun menjelaskan dengan media gambar besar. Selain itu Kak Icun juga mengajak adik-adik untuk mebuat pesawat kertas dan menerbangkannya di luar dengan mengibaratkan pesewat tersebut sebagai cita-cita. Di sela-sela mengajar Kak Icun mengajak adik-adik melakukan permainan ringan agar suasana tetap ceria.

Sesi-sesi selanjutnya pengajar bertukar tempat. Setelah dua sesi kamipun rehat sejenak sambil menikmati jajanan yang telah disediakan. Hingga acara penutupan tiba adik-adik menuliskan cita-citanya pada selembar kertas yang ditempelkan pada pohon cita-cita. Pohin tersebut ditempel di masing-masing kelas agar mereka senantiasa ingat apa cita-citanya.

Setelah itu kami berkumpul di aula. Bapak kepala sekolah menutup rangkaian acara hari itu dengan do’a dan harapan. Kakak panitia membagikan balon kemudian anak-anak menempelkan kertas cita-cita yang ditulis sebelumnya. Dengan diiringi suka cita mereka melepaskan balon cita-cita ke angkasa. Berharap Tuhan mendengar do’a mereka dan mengabulkan suatu hari nanti.

Demikianlah acara hari ini berlangsung. Selaksa memori indah yang akan terukir manis di hati masing-masing kami. Harapan dan cita anak bangsa. Think global, start local, act now!

Kontributor: Riestya Estika

 

Tags
Penulis
Kelas Inspirasi Blitar Berbagi Inspirasi Lewat Profesi

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *